Selamat Datang di Website

Lembaga Pers Mahasiswa Ibrahimy

Universitas Ibrahimy
Selamat Datang di Website

Lembaga Pers Mahasiswa Ibrahimy

Universitas Ibrahimy
Selamat Datang di Website

Lembaga Pers Mahasiswa Ibrahimy

Universitas Ibrahimy
Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo

Follow and Call Us

Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo

Follow and Call Us

Resensi Buku; Mengerikan Tapi Menarik Untuk Dikisahkan
Resensi Tentang Buku yang Berjudul: Criminal Minds
  • Judul : CRIMINAL MINDS - The Book of Serial Killers
  • Penulis : Daud Antonius
  • Penerbit : Simsalaprint, Bandung
  • Tahun Terbit : Cetakan I - Januari 2020, Cetakan II - Maret 2020
  • Tebal : 208 Halaman
Screenshot (29)
Peresensi :

Wahda_Niyah   Psikologi/VII

“Everyone is a moon and has a dark side which he never shows to anybody.”_Mark Twain.

Secara Biologis, manusia memiliki insting untuk bertahan hidup dan tanpa disadari insting inilah yang membuat naluri membunuh tumbuh dalam diri manusia. Secara alami aktivitas saling membunuh merupakan bagian dari evolusi manusia. Hal ini sudah dijelaskan dalam proses kehamilan manusia, yang dimana jutaan sel sperma harus bersaing satu sama lain untuk mencapai sel telur, dengan kata lain bahkan sebelum menjadi manusia pun, manusia telah membunuh calon manusia lain. Bahkan menurut seorang Profesor Psikologi David M Buss dalam jurnalnya “the  Murderer Next Door : Why the Mind is Designed to Kill”, menyampaikan sebuah penelitian yang cukup mengejutkan, bahwa 90% laki-laki dan 80% perempuan memiliki keinginan untuk membunuh makhluk hidup lainnya, baik manusia lain, hewan maupun tumbuhan.

Jika merujuk lagi pada teori kebutuhan Abraham Maslow, kebutuhan mendasar manusia adalah kebutuhan biologis yang didalamnya meliputi kebutuhan untuk makan, tidur, aktivitas seksual dan keinginan untuk bertahan hidup. Dengan ini, dapat diketahui bahwa jika dalam keadaan terdesak karena kebutuhan mendasarnya tidak terpenuhi manusia dapat berubah menjadi orang lain dan tidak lagi dapat berpikir secara rasional. Dalam istilah lain dikatakan bahwa ‘Manusia hanya akan menjadi manusia ketika perutnya sudah kenyang.’ Sejak awal peradaban manusia, sudah tidak terhitung lagi berapa banyak kasus pembunuhan yang terjadi. Baik yang terungkap maupun yang tersimpan rapi.

Beberapa kisah para pembunuh berantai dikemas apik dalam buku ini. Mulai dari sejarah awal munculnya pembunuh berantai. Para pembunuh berantai legendaris. Dan beberapa pembunuh berantai yang ada di Indonesia.

Buku ini hadir bukanlah sebagai motivasi buruk untuk mengikuti jejak para pembunuh. Tapi buku ini hadir untuk mempelajari profil, analisa psikologis dan materi ilmiah yang mendukung kita untuk memahami isi kepala para pembunuh berantai dan sebagai peringatan untuk kita bahwa tidak menutup kemungkinan hal-hal buruk itu akan terulang dikemudian hari.

Selamat menjelajahi dunia sang pembunuh berantai!

 “Human nature is evil and goodness is caused by intentional activity.”_Xun Kuang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan
Menu
Pers Ibrahimy