Selamat Datang di Website

Lembaga Pers Mahasiswa Ibrahimy

Universitas Ibrahimy
Selamat Datang di Website

Lembaga Pers Mahasiswa Ibrahimy

Universitas Ibrahimy
Selamat Datang di Website

Lembaga Pers Mahasiswa Ibrahimy

Universitas Ibrahimy
Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo

Follow and Call Us

Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo

Follow and Call Us

Miracle Of Tarim
Sejarah Kota Tarim di Hadramaut, Yaman

Tarim adalah salah satu kota di Yaman terletak di Hadhramaut. Kota yang dijuluki “Kota Seribu Wali”, dimana kota ini dikenal dengan keberkahannya yang melimpah dan disebut kota yang suci karena berkumpulnya para wali–wali Allah Swt. Kota ini juga memiliki sekitar 360 masjid yang berdiri, ma’na jumlah 360 masjid tersebut adalah banyaknya hari dalam satu tahun. Kota ini adalah kota yang jarang kita temui, dengan keunikan tata bangunan yang dijadikan tempat tinggalnya, semua bangunan yang ada di tarim terbuat dari tanah liat yang membuat setiap rumah memiliki warna yang sama.

Mengapa kota tersebut disebut Tarim ?

Konon, nama tersebut diambil dari nama seorang arsitek terkemuka pada zamannya yang bernama Tarim Bin Hadhramout Bin Sheba. Ia berasal dari zaman Kerajaan Kinda.

Banyak yang terpukau dengan keindahan kota tarim tersebut, meskipun kota tersebut tidak dipenuhi dengan warna cantik bunga sakura, tidak ada kicauan burung dipagi hari. Namun, ketenangan hati dan jiwa kita bisa dapatkan di kota tarim tersebut. Dengan keindahan akhlak para penghuni kota tarim yang membuat para pengunjung rasanya tidak ingin angkat  kaki dari kota tersebut.

Di kota tarim juga banyak anak cucu Dzurriyyahnya dengan Nabi Muhammad Saw. Juga para ulama yang ahli dibidang keislaman tentunya berasal dari kota Tarim. Istimewanya lagi imam Mahdzab dari kota tersebut.

Dar al – Mustafa, adalah lembaga pendidikan terkenal untuk studi ilmu Islam Tradisional. Lembaga tersebut adalah lembaga yang santrinya tidak hanya berasal dari Tarim maupun dari Madinah atau Makkah, tetapi dari luar negeri khusus dari Indonesia juga tak sedikit yang ngalap barokah ( mencari barokah ) dan mencari ilmu di kota Tarim tersebut.

Banyak keajaiban yang akan kita temui di kota tersebut, salah satunya Akhlak!. Bagaimana akhlak mereka saat menyambut pendatang baru yang singgah di kota Tarim. Karena sesungguhnya kita dapat melihat indahnya kota atau suatu tempat dari akhlak dan sopan santun penduduknya.

(Eva/LPMI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan
Menu
Pers Ibrahimy