Selamat Datang di Website

Lembaga Pers Mahasiswa Ibrahimy

Universitas Ibrahimy
Selamat Datang di Website

Lembaga Pers Mahasiswa Ibrahimy

Universitas Ibrahimy
Selamat Datang di Website

Lembaga Pers Mahasiswa Ibrahimy

Universitas Ibrahimy
Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo

Follow and Call Us

Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo

Follow and Call Us

Menumbuhkan Literasi Santri
dalam Menulis Biografi Kiai
Kegiatan Diklat Jurnalistik menulis biografi kiai Lembaga Pers Mahasiswa Ibrahimy Universitas Ibrahimy

LPMI - Serangkaian kegiatan ekstrakurikuler organisasi se-Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah dilaksanakan dalam rangka merealisasikan keinginan pengasuh agar para santri untuk “muhasabah diri”.  Pada hari Kamis (08/07/2021), Lembaga Pers Mahasiswa Ibrahimy menyelenggarakan kegiatan Diklat Jurnalistik. Kegiatan tersebut bertempatkan di kampus baru Universitas Ibrahimy Lt.2 serta dihadiri oleh BEM se-Universitas Ibrahimy, organisasi literasi se-pondok pesantren dan santri pegiat literasi. Kegiatan Diklat Jurnalistik ini tanpa dipungut biaya sepeser pun dari para santri Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah, peserta bebas siapa saja yang minat untuk menimba ilmu.

Demi keselamatan para santri dalam menghindari penyebaran virus Covid-19 yang tengah melanda. Alhasil, Lembaga Pers Mahasiswa Ibrahimy mengundang Bapak. Syamsul A. Hasan, S.Ag, M.Pd. berhubung beliau sebagai Kabag Humas Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah dan juga beliau dijuluki sebagai “jurnalis pesantren” yang menulis buku biografi K.H.R. As’ad Syamsul Arifin. Kegiatan dimulai pada pukul 13.00 WIB diawali acara seremonial dengan pembukaan oleh Rafiq Anshari selaku Master Of Ceremony (MC) dengan pembacaan surah Al-Fatihah. Dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua panitia kegiatan Diklat Jurnalistik, “Kegiatan Diklat Jurnalistik ini adalah salah satu kegiatan ekstrakurikuler bagi organisasi yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah dan kami sangat berterima kasih kepada saudara-saudara pejuang dan pegiat literasi yang hadir di tempat ini dan kami mohon maaf sebesar-besarnya kepada seluruh peserta maupun tamu undangan atas segala kekurangan baik fasilitas maupun konsumsi.” Tutur M.R. Ilman Huda selaku ketua panitia. Selepas itu, kegiatan seremonial acara Diklat Jurnalistik ditutup dengan do’a oleh Ust. Syaiful Bahri dan langsung diserahkan kepada Moderator untuk melanjutkan kegiatan Diklat Jurnalistik.

IMG_0003
IMG_0026

Tanpa dibuka kembali oleh moderator, acara Diklat jurnalistik dimulai dengan pengenalan narasumber dan materi yang akan disampaikan tentang kepenulisan biografi, autobiografi, dan buku sejarah. Moderator langsung menghaturkan narasumber untuk menyampaikan materi tentang kepenulisan biografi seorang tokoh, ulama, maupun kiai. Dalam penyampaiannya, beliau menjelaskan bahwasanya, “Sesuai dengan dawuh pengasuh ke-tiga yakni K.H.R. Ach. Fawaid As’ad menginginkan para santri yang penulis untuk menulis perjalanan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah dari berbagai bidang sesuai dengan keahliannya.” Sekitar 1 jam penyampaian materi dari narasumber, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, dibuka 3 penanya dari peserta Diklat Jurnalistik. Berbagai pertanyaan yang logis telah dilontarkan dari para peserta. Setelah dijawab satu per satu oleh narasumber, kemudian kegiatan Diklat Jurnalistik ditutup dengan do’a oleh sang moderator. Berakhirnya kegiatan tersebut crew Lembaga Pers Mahasiswa Ibrahimy bersuka ria dengan berfoto bersama.

Wizuha/Reporter

DSC_00823
DSC_0050
DSC_0118

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Bagikan
Menu
Pers Ibrahimy