Selamat Datang di Website

Lembaga Pers Mahasiswa Ibrahimy

Universitas Ibrahimy
Selamat Datang di Website

Lembaga Pers Mahasiswa Ibrahimy

Universitas Ibrahimy
Selamat Datang di Website

Lembaga Pers Mahasiswa Ibrahimy

Universitas Ibrahimy
Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo

Follow and Call Us

Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo

Follow and Call Us

Meningkatkan Kualitas Diri dengan Berpuasa di Bulan Ramadhan
Sebuah Artikel Yang Membahas Tentang Puasa Ramadhan
Nuril
Oleh :
Nuril Iskandar*

Puasa dalam arti kata bahasa arab disebut :

shaum atau shiyam yang berarti menahan diri.

Secara implisit, puasa berarti menahan diri dari segala sesuatu yang bisa membatalkan kepada puasa mulai dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari. Puasa dalam agama  Islam boleh dilakukan oleh mereka yang muslim, berakal, suci dari haid dan nifas dan mampu dalam mengerjakannya. Puasa juga telah dilakukan oleh kaum nabi-nabi sebelumnya. Allah Swt berfirman dalam Alquran  Surat Al Baqarah ayat 183 : يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ (“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa”). Saudara-saudara kita yang beragama lain bahkan penganut aliran kepercayaan sekalipun juga telah melaksanakan puasa. Demikian pula umat bangsa-bangsa sebelumnya seperti bangsa Mesir kuno yang menyembah berhala, bangsa Yunani dan bangsa Romawi pun juga melaksanakan puasa.

Di bulan Ramadhan Allah banyak menurunkan rahmat dan kasih sayangnya kepada setiap makhluk yang senantiasa meningkatkan ibadah kepada-Nya. Bahkan, Allah swt akan melipatgandakan amal perbuatan yang dilakukan selama bulan ramadhan.  Di bulan ini pula. Pintu-pintu neraka dan pintu-pintu surga dibuka serta seluruh syaitan dibelenggu. Hal ini sebagai hadis nabi Saw dari Abu Hurairah radliallahu 'anhu, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Bila bulan Ramadlan tiba, maka dibukalah pintu-pintu surga, pintu-pintu neraka ditutup dan syetan-syetan pun dibelenggu."

Meningkatkan diri dengan memperbanyak malam-amalan sholeh dibulan Ramadhan dapat dilakukan dengan beberapa kegiatan. Salah satunya dengan memperbanyak bacaan al-quran, sholat tarawih, menghadiri majlis-majlis ta’im, iktikaf di masjid dan banyak kegiatan positif lainnya yang bisa dilakukan.

Dalam konteks meningkatkan diri melakukan amal baik dibulan ramadhan, tentu tak lepas dari yang namanya niat. Niat melakukan amal sholeh dibulan Ramadhan tentu harus ditata dengan baik. Semuanya harus dilakukan dengan semata-mata mengharap ridho dan pahala dari Allah swt. Sahabat nabi dulu sudah mencontohkan bagaimana kesungguhan mereka dalam meraih pahala dibulan Ramadhan.

Mari bersama kita terus meningkatkan amal sholeh dibulan Ramadhan untuk menjadi insan yang lebih baik.....

*Redaktur LPMI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan
Menu
Pers Ibrahimy