Selamat Datang di Website

Lembaga Pers Mahasiswa Ibrahimy

Universitas Ibrahimy
Selamat Datang di Website

Lembaga Pers Mahasiswa Ibrahimy

Universitas Ibrahimy
Selamat Datang di Website

Lembaga Pers Mahasiswa Ibrahimy

Universitas Ibrahimy
Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo

Follow and Call Us

Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo

Follow and Call Us

KKN Suku Anak Dalam Jambi;
Kalau Mau Makan Harus Berburu
Peserta KKN juga melakukan berbagai kegiatan sosial lainnya, seperti berburu di hutan dan memasak dengan alat seadanya bersama dengan anak-anak suku pedalaman.

LPMI - Genap tiga bulan setengah, peserta KKN Universitas Ibrahimy di Suku Anak Jambi telah melaksanakan berbagai kegiatan, mulai dari mengajar mengaji, adzan, iqamah, serta menjadi imam shalat. Selain itu, mereka (peserta KKN -red) juga melakukan berbagai kegiatan sosial lainnya, seperti berburu di hutan belantara dan memasak dengan alat seadanya untuk makan bersama dengan anak-anak suku pedalaman.

IMG-20220416-WA0020
IMG-20220416-WA0012

Pasalnya, kalau mereka mau makan harus berburu terlebih dahulu, dikarenakan tempat KKN mereka jauh dari permukiman warga. Otomatis bahan pokok dan rempah-rempah masakan tidak ada orang yang jualan di sana. Dikarenakan tempat tinggal mereka berada di daerah suku Anak Dalam. Jadi, semuanya serbaharus mencari di hutan atau menanamnya sendiri.

Mahasiswa yang berjumlah lima orang itu sebelum diberangkatkan ke tempat KKN, mereka sudah dibekali materi terlebih dahulu berupa Kaifatu Sholli (pelajaran shalat), tauiyah (pemahaman tentang agama), tarbiyah (pelajaran sikap peka sosial dengan baik), dan dakwah (belajar menerapkan ilmu yang telah diperoleh di pondok) di PP. Nurul Haromain Pujon Malang dengan asuhan K. H. M. Ihya' Ulumiddin .

IMG-20220416-WA0014
IMG-20220416-WA0015
IMG-20220416-WA0019

Mahasiswa yang merupakan putra asli dari daerah Jambi itu sebelumnya sudah menjalani tes yang diadakan oleh LP2M UNIB, dalam rangka menyeleksi peserta KKN yang akan ditugaskan untuk melakukan salah satu program tridarma perguruan tinggi, yaitu pengabdian pada masyarakat.

Menurut pemaparan salah satu peserta KKN, "Alhamdulillah, sejak awal Februari 2022 hingga saat ini, saya bisa belajar banyak, seperti memasak, berburu, menjelajahi hutan, pegunungan hingga sungai. Dan pengalaman yang saya alami juga berupa mengajar anak-anak suku pedalaman memiliki kesan sendiri bagi saya pribadi. Walaupun nanti hari Idul Fitri hanya boleh pulang tiga hari dan harus kembali lagi, saya merasa ini merupakan tantangan dan pengalaman baru." Ungkap Marzuki saat diwawancarai via online.

Selain pengalaman itu, mereka juga mendapatkan bekal berharga dan penting untuk menjalani kehidupan pada masa yang akan datang.

Fronasgard/Demisioner LPMI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Bagikan
Menu
Pers Ibrahimy