Selamat Datang di Website

Lembaga Pers Mahasiswa Ibrahimy

Universitas Ibrahimy
Selamat Datang di Website

Lembaga Pers Mahasiswa Ibrahimy

Universitas Ibrahimy
Selamat Datang di Website

Lembaga Pers Mahasiswa Ibrahimy

Universitas Ibrahimy
Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo

Follow and Call Us

Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo

Follow and Call Us

Kedatangan Bapak Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif
Silaturrahim dan Kuliah Umum Bapak Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif, Bapak Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A.

LPMI - Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah kali ini kedatangan tamu istimewa dari negara yaitu menteri periwisata dan ekonomi kreatif Bapak Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. tepatnya pada hari jum’at (17/09/21). Kedatangan bapak menteri tersebut ke pondok pesantren dengan tujuan untuk peletakan batu pertama pembangunan rumah sakit Nyai Dzubaidah.

Bapak menteri Sandiaga Uno beserta rombongan sampai ke lokasi acara pada pukul 11.25 WIB yang terletak di masjid Jami’ Ibrahimy disambut langsung oleh pengasuh pondok pesantren salafiyah syafi’iyah KHR. Ahmad azaim ibrahimy MHI. Setelah itu, pengasuh dan pak menteri berziarah ke makam almarhumin pendiri Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah. Kemudian melaksanakan shalat jum’at bersama para santri.

Kedatangan Bapak Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
Kedatangan Bapak Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
Kedatangan Bapak Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Pada kesempatan kali ini pula pesantren juga kedatangan Bupati Situbondo bapak Drs. Karna Suswandi (Bung Karna) beserta rombongan dengan dikawal oleh aparat polisi dan tentara. Setelah melaksanakan shalat jum’at, bapak menteri menghadiri kegiatan acara dari pihak Universitas Ibrahimy (studium generale) yang bertemakan, “Silaturahim dan Kuliah Umum” yang diikuti oleh seluruh santri putra secara offline dan santri putri melalui media Zoom Meeting. Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Rektor UNIB KH. Achmad Fadlail, M.H. , wakil rektor 1 sampai wakil rektor 3, segenap para dekan di fakultas universitas ibrahimy dan para dosen.

Kegiatan kuliah umum dimulai pada pukul 12.30 WIB yang dibuka langsung oleh rektor UNIB. Dalam pembukaanya, beliau menerangkan, “alhamdulilah, kita semua dan seluruh keluarga pesantren memiliki keyakinan bahwa hari ini tepatnya hari Jum’at adalah hari yang baik dan rangkaian kali ini juga baik di karenakan peletakan batu pertama pembangunan rumah sakit Nyai Dzubaidah adalah orang yang tepat dan orang yang baik pula yaitu bapak Sandiaga Uno selaku menteri periwisata dan ekonomi kreatif, karena itulah insyaallah akan memudahkan jalan untuk pesantren kita dan kami sangat mendukung program dari bapak menteri dan bapak bupati Situbondo menetapkan bahwa sukorejo akan dijadikan tempat wisata religi” Dawuh KH. Ach. Fadlail MH.

Beliau KH. Ach. Fadlail. MH, Red juga memberikan saran kepada bapak menteri, “Sukorejo bukan hanya tempat wisata religi, akan tetapi dilahirkan sejarah pembukuan pancasila dan edukasi para wisatawan yang berkunjung ke Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah” Tutur beliau.

Dalam kesempatan ini pul,a pengasuh KHR. Ahmad Azaim Ibrahimy bercerita pada bapak menteri bahwa pada tahun 1980-an negara sedang diuji (gaduh) tentang ideologi, sehingga orang ormas Islam saat itu harus dipaksa berasaskan bhineka tuggal ika, kemudian terjadilah pro-kontra, setelah itu muncul kelompok yang radikal dengan melakukan ancaman dan beberapa ujaran kebencian, tetapi pihak pemerintah saat itu terkesan memaksakan asas tuggal. Maka para ulama’ berkumpul pada momentum muktamar di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah, “Memutuskan para ulama Nahdatul Ulama’ untuk menerima asas tunggal pancasila dengan catatan pancasila bukanlah agama dan tidak dapat menggantikan kedudukan agama, akan tetapi tiap sila dari pancasila tersebut memiliki landasan nilai-nilai agama”, Dawuh Beliau..

Studium Generale Bapak Sandiaga Uno

Setelah itu bapak menteri mengisi studium generale dengan membagi keilmuannya kepada para santri dan mahasiswa. Sebelum mengisi studium generale, pak menteri membuka kuliah umum dengan diawali pantun. Kemudian pak menteri menyambung kata dari sambutan KHR. Ahmad Azaim Ibrahimy, “Sungguh-sungguh beruntung orang yang menyucikan jiwanya dan sungguh rugi mengotorinya, ini yang bisa menjadi pegangan kita semua bahwa kita harus menunaikan perjungan, yaitu pendiri-pendiri dan pengasuh pondok pesantren ini. Berjuang dengan tanpa pamrih ataupun putus asa memperjuangkan Islam yang rahmatan lil alamin. Kini pesantren ini sudah maju dari wisata religi, wisata sejarah, dan wisata edukasi di pondok pesantren ini dikarenakan pencetus pertama asas tunggal pancasila berada di pesantren ini. Insyaallah dalam waktu dekat kita akan meresmikan bahwa pondok pesantren ini akan dijadikan tempat wisata relegi, sejarah, dan edukasi”. Ujarnya.

Saat kuliah umum, beliau juga menerangkan, “Kami meluncurkan 2 program, yaitu santri digital untuk para santri seluruh indonesia dengan mendaftarkan diri ke website Santri Digital Preneur Indonesia, dan  kami membuat program 3D animasi pendidikan dengan membuat konten-konten kreatif dan bermanfaat untuk membangun anak bangsa Indonesia. Saya ingin mengubah santri-santri ini harus inovatif, berpikir bagaimana para santri ini mempunyai potensi dalam digital, santri harus mempertahankan 3 sifat diantaranya inovatif, beradaptasi, kolaboratif. Saya yakin, pengusaha-pengusaha sukses dan para pemimpin berada di pondok pesantren ini.” Ucapnya.

Bapak Sandiaga Uno saat mengisi kuliah umum

Setelah itu, para santri dan mahasiswa baik putra maupun putri berhak mengajukan pertanyaan kepada pak menteri dengan 3 pertanyaan, putra 2, dan 1 putri. Yang bertanya untuk putra yaitu saudara Fikri (Fakultas Dakwah), Dairobi (Fishum), dan Raden (Fakultas Dakwah), dan untuk yang putri yaitu Samiah (Fishum). Kemudian bapak menteri menjawab semua pernyaaan yang diajukan mahasiswa.

Kegiatan studium generale ditutup dengan doa oleh pengasuh, KHR. Ahmad Azaim Ibrahimy. Setelah itu, bapak menteri dan KHR. Ahmad Azaim Ibrahimy beserta rombongan langsung bergegas untuk peletakan batu pertama pembangunan rumah sakit Nyai Dzubaidah.

A2NR/Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan
Menu
Pers Ibrahimy