Selamat Datang di Website

Lembaga Pers Mahasiswa Ibrahimy

Universitas Ibrahimy
Selamat Datang di Website

Lembaga Pers Mahasiswa Ibrahimy

Universitas Ibrahimy
Selamat Datang di Website

Lembaga Pers Mahasiswa Ibrahimy

Universitas Ibrahimy
Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo

Follow and Call Us

Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo

Follow and Call Us

Akibat Makanan yang Haram
Sebuah Cerpen yang Membahas Tentang Akibat dari Makanan Haram
Nuril 2
Oleh :
Nuril Iskandar*

       Suatu hari, ada seorang lelaki (namanya tidak disebutkan karena saking tidak terkenal)   ingin melakukan perjalanan jauh melewati padang pasir yang panas dan gersang. Ia mengendarai seekor unta besar dengan membawa bekal makanan dan minuman yang banyak untuk persediaan di perjalanan.  Laki-laki  ini hanya seorang diri tidak bersama siapapun. Melakukan perjalanan jauh ditengah terik matahari sudah biasa dilakukan oleh dirinya karena ia seorang pedagang yang membawa barang dagangannya dari satu negara ke negara yang lain.

     Sampai di suatu tempat, tiba-tiba musibah datang menimpa lelaki saudagar ini. Ia di rampok, dan seluruh barang bawaannya habis di bawah kabur oleh si perampok. Ia di tinggalkan di suatu tempat dengan kondisi tidak sadarkan diri. Sementara, unta yang ia tumpangi berada jauh dari dirinya. Unta besar itu yang tadinya penuh dengan barang milik saudagar tiba-tiba lenyap habis. Ia kaget!!. Ia baru sadar kalau dirinya telah di rampok dan seluruh bekal perjalanannya habis dan ia ditelantarkan dengan kondisi tak sadarkan diri.

      Begitu naas musibah yang menimpa dirinya. Ia berada dalam kelabu kekhawatiran. Terik panas hari dan gersangnya pasir mulai menyakiti dirinya. Tiba-tiba ia merasa sangat lapar dan sangat haus. Ia mencoba memeras susu unta miliknya itu. Tapi naas, puting susu unta itu tak mengeluarkan susu setetespun.

     Dalam kondisi genting itu, ia memasrahkan diri kepada Allah Swt seraya berdoa memohon pertolongan. Dengan begitu, kemudian Allah menjawab permohonan hamba saudagar ini melalui sebuah Hadits Qudsi (hadis yang maknanya dari allah dan lafalnya dari nabi muhammad saw). “Makanannya haram, minumannya haram, kendaraannya haram, pakaiannya haram, hartanya haram, bagaimana mungkin aku bisa mengabulkan doanya?”,

      Inilah akibat dari sesuatu yang haram. Allah tidak akan mengabulkan doa seorang hamba jika ia menggunakan barang haram. Lalu bagaimana dengan orang yang sering memakan sesuatu yang haram? Allah tidak akan mengabulkan permohonannya. Nabi Saw bersabda “ Didalam tubuh manusia terdapat suatu daging, jika daging itu baik maka seluruh tubuh akan baik, dan jika daging itu buruk maka seluruh tubuh akan buruk, daging itu adalah hati”. Mutafaqun alaih.

     Makanan dan minuman yang haram akan berdampak besar pada diri seseorang. Bukan hanya doanya tidak terkabulkan. Akan tetapi, juga berpengaruh pada prilakunya sehari-hari. Manusia yang banyak mengonsumsi sesuatu yang haram maka prilakunya akan lebih banyak negatif. Dalam Islam, malas beribadah bisa jadi karena makanan yang dikonsumsi berasal dari yang haram, Na’udzubillah. Oleh sebab itu, tinggalkanlah barang yang syubhat apalagi haram.

Dikutip dari kitab : tafsir ayatul ahkam

*Redaktur LPMI


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan
Menu
Pers Ibrahimy